Kiat-Kiat Aman Bermain Game Online

Berita Terbaru – Saat anda masih kecil, bermain game adalah semua joystick dan arcade. Sekarang, semuanya tentang grafik yang sangat realistis, pengalaman yang imersif, dan yang terpenting, bermain online melawan pemain dari seluruh dunia.Sejak awal tahun 2000-an, kami telah melihat game online tumbuh menjadi fenomena di seluruh dunia, popularitasnya meningkat pesat di kalangan anak-anak dan orang dewasa, dan berkembang dari konsol dan PC ke ponsel dan tablet.Sebuah studi tahun 2017 oleh Newzoo menemukan bahwa sekitar 32,4 juta orang di Inggris Raya bermain game, itu hampir setengah dari populasinya. Temuan ini sejalan dengan temuan survei GameTrack (ISFE & Ipsos Connect) yang menyoroti peningkatan game di antara generasi tua di pasar Eropa (Inggris, Jerman, Prancis, dan Spanyol). Menurut laporan tersebut, jumlah gamer berusia 35-44 tahun meningkat dari 36% menjadi 46% antara 2012-2016. Dalam rentang waktu yang sama, bermain game di kalangan usia 45-64 tahun meningkat dari 21% menjadi 27%. Jelas game tidak lagi hanya untuk remaja laki-laki.

Namun, sementara evolusi game online telah menghasilkan pengalaman multipemain yang ditingkatkan bagi para pemain, hal itu juga berkontribusi pada peningkatan yang mengkhawatirkan dalam “kejahatan virtual” – aktivitas kriminal dunia nyata yang dilakukan melalui game online multipemain besar-besaran (MMOG), termasuk peretasan, penipuan, dan perawatan anak.Dengan mengingat bahaya ini, berikut adalah area utama yang harus diperhatikan saat bermain game online dan beberapa tip berguna tentang cara menjaga keamanan keluarga Anda. Berikut ulasannya :

Kiat-Kiat Aman Bermain Game Online

Jadilah anonim
Penelitian McAfee menunjukkan bahwa 60% orang tua khawatir tentang penjahat dunia maya yang meretas informasi pribadi atau keuangan dari akun anak-anak mereka. Dengan bermain game, profil ID online sering kali berkontribusi pada masalah ini untuk anak-anak dan orang dewasa. Untuk bermain online, pemain diharuskan membuat profil pengguna agar bisa mengakses konsol / jaringan komputer yang sesuai. Karena pegangan pengguna bersifat publik, Anda harus menghindari menampilkan informasi pribadi yang berpotensi dapat digunakan oleh peretas yaitu nama, alamat, tanggal lahir, alamat email. Pemain juga harus menghindari menggunakan jenis informasi ini saat membuat kata sandi akun karena jaringan ini dapat rentan terhadap peretasan. Kata sandi harus unik, kompleks dan tidak boleh dibagikan dengan pengguna lain.

Hati-hati dengan siapa Anda mengobrol
Game online sering kali memiliki layanan messenger built-in yang memungkinkan pemain untuk saling menghubungi. Penelitian McAfee telah menunjukkan bahwa 62% anak-anak bermain game di mana mereka berbicara dengan orang lain. Jika anak Anda berpartisipasi dalam permainan online, pastikan bahwa mereka menyadari risiko terkait ruang obrolan seperti berinteraksi dengan orang asing dan berbagi detail pribadi. Ancaman ini dapat dicegah secara efektif dengan menggunakan pengaturan kontrol orang tua internal konsol atau PC untuk menonaktifkan layanan perpesanan dan memblokir akses ke penyimpanan jaringan internal. Tip teratas lainnya adalah menghindari membuka pesan instan dengan file atau tautan terlampir dan jangan pernah membagikan detail akun pemain online seperti kata sandi dan detail pembayaran dengan sumber yang tidak sah.

Jangan asal klik tautan
Menurut penelitian terbaru McAfee, 58% orang tua khawatir jika anak-anak mengeklik tautan yang dapat menyebabkan perangkat lunak berbahaya. Dengan game online, ancaman bahaya ini tinggi karena game modern sering kali mendorong pemainnya untuk membeli konten dalam game eksklusif dengan uang sungguhan melalui toko online virtual. Untuk memangkas biaya, pemain (biasanya pemain yang lebih muda) sering tergoda untuk mendownload patch / paket dari pengguna yang tidak berwenang yang mengklaim memberikan akses ke konten ini. Tindakan ini sering kali dapat menimbulkan risiko keamanan yang besar. Perlu diketahui bahwa mengunduh konten menggunakan saluran yang tidak diverifikasi dapat menyebabkan konsol / perangkat Anda terinfeksi oleh virus atau spyware. Selalu periksa keaslian unduhan dan perhatikan apa yang Anda buka.

Bermainlah secara aman
Meskipun konsol game terkemuka sebagian besar diisolasi dari ancaman virus / malware, PC online dan game seluler sangat berisiko terhadap ancaman ini. Saat bermain game online, pastikan Anda memiliki perangkat lunak antivirus / anti-spyware yang efektif dan diperbarui serta firewall yang berjalan untuk menghentikan program jahat menginfeksi perangkat Anda.Seperti yang ditunjukkan oleh kesuksesan game multipemain besar-besaran baru-baru ini dan kebangkitan eSports, gelembung game online tidak menunjukkan tanda-tanda akan meledak dalam waktu dekat. Game tampaknya akan terus berkembang dengan cara yang menarik dan tetap menjadi hobi favorit orang-orang dari segala usia di masa mendatang. Menurut McAfee, itu bahkan mungkin membantu generasi milenial membangun karir di bidang keamanan siber. Namun demikian, karena game modern terus mendorong batas-batas pengalaman multipemain dan penjahat / peretas menjadi semakin inovatif dalam menjalankan penipuan untuk mengeksploitasinya, semakin penting untuk memastikan bahwa Anda menjaga perangkat Anda tetap aman dan terlindungi saat bermain game online.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *