Ingin Terjun Ke Dunia Bisnis Impor & Ekspor? Ini Tipsnya !

www.jasaimportmurah.com – Memulai bisnis impor & ekspor tidaklah mudah, tetapi modelnya memiliki potensi penghasilan yang tinggi di pasar global. Sebagai importir dan eksportir, Anda bertanggung jawab untuk memfasilitasi pergerakan barang melintasi batas internasional. Logistik dan proses hukum yang terlibat dengan industri ini terus berkembang: Penyesuaian tarif dan sanksi pada produk dan negara muncul dalam pikiran. Meskipun mengimpor dan mengekspor keduanya berada di bawah payung yang sama, kedua proses tersebut berbeda. Proses ekspor dari Indonesia memerlukan pemeriksaan bea cukai dan pemindahan barang ke pelabuhan masuk yang berbeda di mana negara tuan rumah menetapkan bea cukai dan persyaratan masuk.

Sebagai contoh, negara Indonesia mengekspor sejumlah besar produk pertanian selain bahan mentah seperti batu bara, gas, minyak, dan mineral. Proses mengekspor barang-barang ini ke beberapa negara sangatlah mudah, sementara negara lain membuatnya sangat sulit dan mahal. Dalam banyak kasus, eksportir menggunakan agen di lapangan untuk membersihkan kantor bea cukai asing. Ini membantu mengatasi hambatan bahasa dan budaya.

Importir hanya berfokus pada membawa barang ke Indonesia. Produsen bertanggung jawab atas pengemasan dan pengiriman barang, sedangkan importir harus menerima dan menyelesaikan bea cukai di Indonesia. Namun, proses bea cukai di Indonesia adalah salah satu yang paling ketat di dunia, dan semua dokumen harus diselesaikan dengan sempurna.

Ada banyak pendekatan untuk mengimpor dan mengekspor. Sebuah bisnis dapat fokus hanya pada memindahkan barang untuk orang lain sambil bekerja sebagai agen atau konsultan. Perusahaan juga dapat menemukan barang di satu negara dan menentukan nilai impor ke negara lain. Ini membutuhkan hubungan antara pemasok dan pasar.

Misalnya, jika Anda ingin mengimpor kopi, sourcing adalah langkah pertama. Dapatkan penerbangan ke wilayah penghasil kopi utama seperti Guatemala atau Kolombia dan temukan sumbernya. Setelah harga dan kuantitas ditentukan, lakukan pembelian dan pindahkan bahan baku untuk pengangkutan yang paling sering dilakukan melalui kapal udara atau kargo. Mengimpor atau mengekspor barang negara-negsra dekat bisa dilakukan dengan truk.

Saat produk siap untuk diangkut, produk harus menyelesaikan proses keluar di negara tuan rumah dan pindah ke Indonesia. Setelah kopi menyentuh tanah di Indonesia, kopi harus melewati bea masuk, dan mungkin memerlukan pemeriksaan Departemen Pertanian Indonesia sebelum dilepaskan. Setelah produk dirilis, Anda memindahkan produk ke pasar baik melalui grosir atau melalui proses Anda sendiri.

Persyaratan Bisnis
Mayoritas bisnis impor dan ekspor hanya membutuhkan nama dan izin. Seorang individu bahkan dapat menjalankan sebagai pemilik tunggal untuk menangani nama tersebut. Membentuk LLC, bagaimanapun, mengurangi tanggung jawab secara signifikan.

Setelah Anda membentuk bisnis, kurva pembelajaran pada proses impor dan ekspor tinggi. Bekerja di bidang impor dan ekspor sebelum membentuk perusahaan Anda sendiri memberikan pengalaman berharga dan investasi yang berharga. Berharap untuk menghabiskan banyak waktu untuk menentukan produk mana yang terbaik sambil mencari pemasok dan produsen yang dapat diandalkan untuk produk tersebut.

Logistik bisnis impor dan ekspor intensif, tetapi Anda dapat menemukan kesuksesan dan menghasilkan keuntungan setelah menemukan produk hebat dan mencari tahu proses internal Anda. Melakukan bisnis dimungkinkan dari satu lokasi, tetapi sebagian besar eksportir dan importir melakukan perjalanan untuk menemui pemasok dan grosir secara langsung. Hubungan ini membangun fondasi untuk bisnis.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *